EKONOM2AN

Celoteh sederhana Ekonom lugu

Tuesday, May 6, 2008

" INVESTASI DI REKSADANA , sudah jamannya?

Saya sangat tertarik pada salah satu tema rubrik yang diasuh oleh Safir Senduk pada salah satu media tentang Reksadana-Pendapatan Tetap. Di rubrik itu seorang ibu2, kalau nggak salah seorang guru dengan pendapatan Rp. 1 juta berapaan gitu menanyakan bahwa bisakah ia berinvestasi dalam reksadana pendapatan tetap.

Memang saat ini kita secara awam hanya berinvestasi/sadar atau tidak sadar dalam bentuk tabungan atau deposito yang hasil investasinya tidak terlalu besar (dalam bentuk bunga).

Mungkin sekarang atau suatu saat sudah bukan jamannya lagi tabungan atau deposito jadi andalan investasi, meski pendapatan kita digitnya rendah, namun jika selama ini kita rajin menabung kita pun pasti bisa berinvestasi di reksadana yang hasilnya tentu saja lebih signifikan. Tentu saja bukan berarti kita meninggalkan Tabungan/deposito (bisa bangkrut perbankan nanti..ha..ha), kita tetap perlu menyimpan uang kita dalam bentuk itu sebagai cadangan kebutuhan sehari-hari.

Untuk memulai investasi di reksadana kalau menurut Bung Safir sih nggak terlalu susah. Kita cukup mencoba berkonsultasi dengan manajer investasi di perusahaan securitas yang memasarkan reksadana tersebut. Kita coba baca-baca dulu perspectus produk reksadana dipasarkan, cari yang sesuai kemudian mulailah berinvestasi.

Bagi kita-kita yang penghasilannya biasa-biasa saja sepertinya tidak perlu khawatir, sebab ada juga produk reksadana tetap yang dapat diikuti hanya dengan ratusan ribu rupiah saja. Tentu saja kita bisa meningkatkan investasi kita jika hasilnya sudah terasa.

Kayaknya menarik ya? Selamat berinvestasi yah....

No comments: